Jumat, 06 November 2009



(GDSS)

Group Decision Support System







Oleh:
Okkie Raya Pertiwi
17109241
4 KA 18




Decision Support Sistem (DSS) atau SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
- adalah interaktif sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan menggunakan data untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan. Yaitu: Pembanding/heuristik dan model matematika.
- Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah.
Group Decision Support System (GDSS)
- Sebuah interaktif, sistem berbasis komputer yang memfasilitasi penyelesaian masalah yang tidak terstruktur dengan serangkaian pembuat keputusan bekerja bersama sebagai sebuah kelompok. Terutama kelompok manajer, dalam menganalisa situasi masalah dan dalam pengambilan keputusan kelompok melakukan tugas.
- Sistem Pendukung Keputusan kelompok yang berusaha memperbaiki komunikasi di antara para anggota kelompok dengan menyediakan lingkungan yang mendukung dan mendukung para pengambil keputusan dengan perangkat lunak GDSS yang disebut groupware.
Group Dukung Systems
Telah datang ke komputer berarti perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk mendukung fungsi dan proses kelompok
Konsep DDS
Tahap-tahap pengambilan keputusan Simon digunakan untuk menentukan struktur masalah. Masalah terstruktur merupakan suatu masalah yang memiliki struktur pada tiga tahap pertama Simon yaitu intelijen, rancangan dan pilihan. Masalah tidak terstruktur merupakan masalah yang sama sekali tidak memiliki struktur pada tiga tahap Simon. Masalah Semi Terstruktur, merupakan masalah yang memiliki struktur hanya pada satu atau dua tahap Simon.
Jenis-jenis DSS menurut Alter :
1. Mengambil elemen-elemen informasi (jenis yang memberikan dukungan paling sedikit)
2. Menganalisis seluruh file
3. Menyiapkan laporan dari berbagai file
4. Memperkirakan akibat keputusan
5. Mengusulkan keputusan
6. Membuat keputusan (jenis yang paling banyak memberikan dukungan)
Tujuan DSS
1. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah
2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
3. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensi DSS dan SIM.
DSS fokus terhadap masalah-masalah semi terstruktur, SIM menyediakan informasi bagi manajer.
Sistem Pendukung Keputusan Berkelompok (GDSS)
- Konsep GDSS (Group Decision Support System), merupakan sistem berbasis computer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas bersama dan menyediakan interface bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama. Istilah lainnya : GSS (group support system), CSCW (computer support cooperative work), CCWS (Computerized collaborative work support), EMS (electronic meeting system). Perangkat lunak yang digunakan disebut groupware.
- GDSS berkontribusi memecahkan masalah
Komunikasi yang lebih baik memungkinkan keputusan yang lebih baik. GDSS berkontribusi memecahkan masalah dengan menyediakan suatu pengaturan yang mendukung komunikasi.









Pengaturan Lingkungan GDSS
Ruang Keputusan, merupakan pengaturan untuk rapat kelompok kecil secara tatap muka. Ruangan tersebut medukung komunikasi melalui kombinasi perabot, peralatan dan tata letak.
Jaringan Keputusan Setempat (LAN), jika kelompok kecil tidak mungkin bertemu secara tatap muka, maka para anggota dapat berinteraksi melalui jaringan.
Pertemuan Legislatif, jika kelompok terlalu besar untuk ruang keputusan, maka pertemuan legislative diperlukan.
Konferensi Bermedia Komputer, beberapa aplikasi kantor virtual memungkinkan komunikasi antara kelompok-kelompok besar dengan anggota yang tersebar secara geografis.
Kemiripan Antara GDSS dan DSS
• Keduanya menggunakan model, data dan perangkat lunak yang user-friendly
• Keduanya interaktif dengan "bagaimana-jika" kemampuan
• Keduanya menggunakan data internal dan eksternal
• Keduanya memungkinkan pembuat keputusan untuk mengambil peran aktif
• Keduanya memiliki sistem fleksibel
• Keduanya memiliki output grafis
Mengapa Menggunakan GDSS?
- Manajer tingkat tinggi dapat menghabiskan 80% waktu mereka membuat keputusan dalam kelompok. Terapan benar, GDSS dapat mengurangi waktu ini, sampai pada suatu keputusan yang lebih baik lebih cepat.
- GDSS menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, database dan prosedur untuk pengambilan keputusan yang efektif.

Karakteristik GDSS
• Desain Khusus
• Kemudahan penggunaan
• Spesifik dan dukungan umum
• Menekan perilaku kelompok negatif
• Mendukung perilaku kelompok positif
Karakteristik khas Meeting GDSS
• Komitmen organisasi / support
• Melatih fasilitator atau pengguna dapat didorong
• Pengguna pelatihan
• Anonimitas
• Tugas sesuai
• Keputusan Dedicated kamar
Keuntungan GDSS
• Anonimitas - mengusir rasa takut yang menyebabkan keputusan yang lebih baik dari berbagai pengambil keputusan hierarki.
• Parallel Komunikasi - menghilangkan memonopoli memberikan peningkatan partisipasi, keputusan yang lebih baik.
• Pencatatan otomatis - tidak perlu mencatat, mereka secara otomatis dicatat.
• Kemampuan untuk rapat virtual - hanya perlu perangkat keras, perangkat lunak dan orang-orang yang terhubung.
• Portabilitas - Dapat dibentuk untuk menjadi portable ke laptop.
• Potensi global - Orang bisa terhubung di seluruh dunia.
• Tidak perlu untuk guru komputer - meskipun beberapa pengalaman dasar adalah suatu keharusan.
Kekurangan GDSS
• Biaya-biaya infrastruktur untuk menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak / kamar / konektivitas jaringan bisa sangat mahal.
• Keamanan - terutama benar ketika perusahaan sewa fasilitas untuk GDSS; juga, fasilitator mungkin tingkat yang lebih rendah karyawan yang dapat membocorkan informasi kepada rekan.
• Kegagalan teknis - daya yang hilang, kehilangan konektivitas, sangat bergantung pada bandwidth dan LAN / WAN infrastruktur - baik sistem setup harus meminimalkan risiko ini.
• Keyboard Keterampilan - dikurangi partisipasi dapat mengakibatkan karena frustrasi.
• Pelatihan - kurva belajar hadir bagi pengguna, bervariasi dengan situasi.
• Persepsi pesan - kurangnya komunikasi verbal bisa mengakibatkan salah tafsir.
GDSS khas Proses
1) Group Leader (dan Fasilitator?) Pilih software, mengembangkan agenda.
2) Peserta bertemu (dalam pengambilan kamar / Internet) dan diberikan tugas.
3) Peserta menghasilkan gagasan - brainstorming anonim .
4) Fasilitator mengorganisasikan ide-ide ke dalam kategori (berbeda untuk pengguna berbasis perangkat lunak).
5) Diskusi dan prioritas - mungkin melibatkan peringkat oleh beberapa kriteria dan / atau rating skala fasilitator.
6) Ulangi Langkah 3, 4, 5 seperti yang diperlukan.
7) Reach keputusan.
8) Kenalkan memberikan umpan balik pada hasil keputusan dan semua yang terlibat.

Implikasi masa depan GDSS
- Mengintegrasikan ke dalam kerangka kerja perusahaan yang ada.
- GDSS membawa perubahan yang harus dikelola.
- GDSS akan menggabungkan Artificial Intelligence and Expert Systems - software akan "belajar" dan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik.
- Penurunan biaya akan memungkinkan banyak organisasi untuk menggunakan GDSS.
- Meningkatkan pelaksanaan GDSS dengan pelanggan.
- Suara Pelanggan kebutuhan mereka dalam lingkungan yang tidak mengancam.
Implikasi masa depan GDSS
- GDSS dapat memainkan peran besar di masa depan perusahaan virtual.
- GDSS dapat membantu perusahaan virtual melakukan bisnis di lingkungan bisnis global.
- GDSS dapat membantu mempromosikan budaya lingkungan kerja yang beragam.
- Telework tampaknya membuat banyak akal menggunakan GDSS.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar